Sekolah Masih Daring, Tim pengabdian Kukerta UNRI Kembalikan Semangat Belajar Siswa Dengan  Kegiatan “Bersik”, Belajar Asik.

Sekolah Masih Daring, Tim pengabdian Kukerta UNRI Kembalikan Semangat Belajar Siswa Dengan  Kegiatan “Bersik”, Belajar Asik.

Riauaktual.com - Situasi pandemi covid-19 saat ini mengharuskan semua siswa sekolah melaksanakan proses Pembelajaran Jarak Jauh, tak terkecuali pada Siswa sekolah dasar dan menengah di Bandarraya. 

Pembelajaran Jarak Jauh membuat siswa merasa sedikit bosan yang berdampak pada menurunnya semangat belajar mereka. 

Mengamati hal ini, Tim pengabdian Kukerta Bandarraya berinisiatif mengadakan program kerja mengajar bersama anak sekolah dengan tema “Bersik”, Belajar Asik. 

Bersik dilaksanakan pada selasa sore, di Posko Kukerta Bandarraya bersama sepuluh Siswa SD dan SMP, dengan menerapkan protokol kesehatan tentunya. 

Tim pengabdian kukerta memulai Bersik dengan sesi perkenalan mahasiswa dan siswa, bernyanyi dan bermain game bersama, kemudian dilanjutkan dengan memberikan materi serta lomba yang pada akhir sesi ditutup dengan memberikan hadiah kepada peserta yang paling bersemangat dan pemenang lomba.

Berbeda dari materi sekolah yang biasa diajarkan, tim pengabdian Kukerta Bandarraya membagi sistem mengajar menjadi dua materi. Materi covid-19 untuk anak SD yang dijelaskan melalui media mewarnai gambar anak sedang cuci tangan, dan siswa SMP dengan materi bijak menggunakan gadget dan media sosial. 

Kegiatan ini sangat disambut baik dari berbagai pihak, seperti Ketua RW 004, Ketua pemuda setempat, orang tua dan juga siswa itu sendiri. Mendapat respon baik ini, Tim Kukerta Bandarraya semakin berupaya melakukan yang terbaik dalam memberikan edukasi.

"Bagus Kukerta Bandarraya ini membuat program kerja mengajar siswa sambil bermain, karna anak anak sekolah sekarang udah bosan belajar daring, cocoklah untuk nambah semangat belajar mereka lagi," ucap A. Simamora selaku ketua RW 004 Bandarraya, ditemui saat meminta izin melaksanakan Bersik.

Kirani, salah satu siswa SMP yang turut serta dalam Bersik mengaku sangat senang dan bersemangat dengan kegiatan yang dilakukan oleh tim pengabdian. 

“Aku senang karna Abang dan kakak ramah, udah lama aku nggak belajar sambil bermain kaya tadi, terus gamesnya  ucu lucuan juga, materi yang aku terima mudah dimengerti dan bakal aku terapin pake gadget sama media sosial, pokoknya aku senang deh” tutupnya.

Harapannya melalui program kerja Bersik ini tim Kukerta Bandarraya dapat memberikan manfaat baru bagi masyarakat khususnya bagi siswa/i di Kelurahan Bandarraya yang proses pendidikannya terdampak pandemi covid-19. 
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index